Profil KPPBC Banjarmasin

Sambutan

Sambutan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Banjarmasin

Assalamu'alaikum Wr Wb..

Dalam era reformasi sekarang ini, kita ketahui bersama bahwa, masyarakat menghendaki agar aparatur pemerintah sebagai penyelenggara kekuasaan negara secara bersungguh-sungguh dan serius menciptakan pemerintahan yang bersih dan aparatur negara yang profesional, yang mampu memberikan pelayanan yang baik dan dapat menyediakan public services kepada seluruh anggota masyarakat dalam suatu pola kepemerintahan yang baik (Good Governance).

Sesuai dengan tagline Bea Cukai “Makin Baik”, Bea Cukai Banjarmasin hadir dalam memberikan pelayanan dan pengawasan yang terbaik dan optimal di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya. Adapun slogan pelayanan KPPBC TMP B Banjarmasin adalah “BEGAWI CANGKAL-IKHLAS MELAYANI NEGERI” dimana kami akan bekerja dengan bersungguh sungguh dan ikhlas untuk memberikan pelayanan terbaik sehingga pekerjaan kami akan bernilai ibadah dimata Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan Berlandaskan lima nilai Kementerian Keuangan yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan, Bea Cukai Banjarmasin hadir untuk turut serta berkontribusi dalam mewujudkan “Good Governance” melalui pelaksanaan Zona Integritas menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) yang diwujudkan melalui komponen Manajemen Perubahan dengan dibentuknya “Agen Perubahan” untuk menekankan pola pikir dan budaya kerja yang sesuai dengan nilai Kementerian Keuangan  dengan pimpinan sebagai Role Model atau contoh dalam pelaksanaan perubahan menuju kearah yang lebih baik, selain itu dilakukan penataan tata laksana, evaluasi SOP dengan berpedoman pada standar SOP dilingkup Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, penguatan Akuntabilitas, Pengawasan, Kualitas Pelayanan Publik, melaksanakan Pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, serta meningkatkan kualitas Pelayanan Publik.

Disamping pencanangan Bea Cukai Banjarmasin sebagai Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani yang mencerminkan pelaksanaan Good Governance, hal lain yang tak kalah penting adalah upaya pengkajian, penerapan dan pengembangan inovasi baru berupa aplikasi yang dipandang akan memudahkan seluruh instrumen pelayanan untuk bekerja secara optimal, terukur dan terpantau secara sistematis, sehingga diharapkan mampu mendukung kecepatan tugas pelayanan kepada pengguna jasa, maupun untuk penyajian informasi kepada masyarakat. Untuk itu Bea Cukai Banjarmasin hadir dalam memberikan inovasi yang  diwujudkan dalam pengembangan aplikasi SIM Cinta Banjar “System Information Monitoring Customs Integrated Application” Banjarmasin yang akan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi mandiri yang sebelumnya ada di aplikasi “Simple Banjar” seperti Izin Muat, Izin Timbun dan Izin Bongkar serta Pemesanan Pita Cukai.

Semoga Profil KPPBC Tipe Madya Pabean B Banjarmasin ini dapat memberikan gambaran utuh penyelenggaraan tugas pengawasan dan pelayanan di kantor kami.

Kami tidak menutup mata atas kekurangan dan ketidak sempurnaan kami dalam menyusun profil ini sehingga terdapat banyak kekurangan-kekurangan yang oleh kami tidak terlihat sehingga kami sangat berterimakasih atas masukan-masukan yang ada untuk perbaikan profil ini, demi Bea Cukai yang Makin Baik, untuk terwujudnya Indonesia yang semakin  kuat, maju, dan sejahtera,  serta mampu bersaing di kancah Internasional.


Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Hormat kami,

Kurnia Saktiyono

 


Print   Email